Tips Closing Agar Kastemer Segera Transfer

Kata-kata ‘closing’ adalah hal yang menyenangkan bagi seorang pedagang online.

Closing atau sales closing adalah proses mengajukan pertanyaan kepada customer untuk meminta jawaban yang memberikanmu izin untuk menyelesaikan transaksi.

Proses ini melibatkan adanya produk dan uang. Teknik closing adalah strategi yang digunakan untuk mendorong customer membuat keputusan pembelian.

Namun demikian, pakar bisnis online Christina Lie mengatakan, jangan pernah mengajukan pertanyaan:

“Kak, jadi nggak?”

Kita harus berasumsi bahwa dia akan mentransfer uang pembayaran produk.

Sebaiknya bertanya, “Halo kak, produk yang kakak pesan sudah masuk dalam daftar pengiriman pagi ini.”

“Kak, rencana mau transfer ke rekening yang BCA atau Mandiri? Biar mudah melakukan pengecekan.”

Atau katakan saja, “Produk (sebut nama produk kamu.red) yang kakak mau sudah kami keep ya, 1 pcs saja. Kebetulan ada kastemer lain yang mau.” Tentunya tidak sedang melakukan praktik kebohongan ya.

Bisa juga mengatakan, “Rencana mau melakukan pembayaran pagi ini atau siang ini, kak?” Lalu lanjut ke kalimat, “Kalau pagi ini bisa ikut pengiriman jam 12 siang ini.”

“Kak, nanti pengirimannya pakai ekspres apa reguler? Atau sameday (kalau ojol),” dan kalimat serupa.

Poinnya, jangan pernah mengajukan pertanyaan dengan kata akhiran “Nggak” pada kastemer. Namun berikan pertanyaan pilihan. Sekali lagi, kita harus selalu berasumsi bahwa kastemer akan transfer.

Awalnya mungkin kastemer ragu, akhirnya transfer beneran deh.

Leave a Reply