Baik “I Am GB” dan “GB” Sama-sama Nyolong Logo Gratisan

Gue bikin twitt ini awalnya cuman buat bentuk singgungan kepada brand-brand besar ( Geprek) di luar sana yang masih minim banget kesadarannya tentang pentingnya visual dan HAK para pegiat dan pekerja di industri kreatif.

Gue freelancer di bidang Graphic designer udah mau 5 tahun, dan rasanya salty aja gitu ngeliat case ini. Tbh gue ga tau kongli 2 brand tersebut dengan illustrator/designer aslinya, tapi ada kejanggalan yang menurut gue perlu di pertanyakan.

  1. Yes freepick merupakan website penyedia asset grafis secara gratis (walau beberapa ada yang harus bayar)
    tapi freepick sendiri punya kebijakan atas asset yang ada di websitenya, yaitu ga boleh ngejadiin asset yang ada di freepick sebagai logo untuk brand profit.
  2. KALAUPUN, ternyata si pelopor brand geprek” itu udah ngebeli karya si illustrator/designer tersebut, masa iya ga ada kesepakatan bahwa karya orisinil nya sudah di beli dan hak pakainya cuman untuk 1 pihak?

karena nyatanya illustrasi ayam tersebut di pakai di 2 brand berbeda.

  1. Gue udah download files di freepick dan logo-logo di atas dan gue coba trace ulang, dan gue berani bilang bahwa illustrasi yang ada di dua logo di atas adalah hasil tracing ulang, karena kalau di perhatiin lagi dari struktur illustrasi dan komposisinya sudah di revisi.

gue udah ngobrol sama mas aji si designer/illustrator yang punya asset illustrasi ayam lagi hormat yang ada di freepik.

Geprek

Gue nanya ke dia, apakah dia tau bahwa karyanya di pakai oleh brand BESAR ?

Di sini mas aji ngejelasin dan ngasih tau kesah keluh dia sebagai seorang pekerja di industri kreatif.

Baca Juga : Gilaa..!! Hukuman Penyiram Air Keras Cuma 1 Tahun

Betul adanya bahwa freepik melanggar penggunaan asset yang berada di websitenya untuk di jadikan design LOGO organisasi atau brand profit.

Dan yak, lucky you geprek geprekan,
Mas aji sebagai pembuat illustrasi tersebut udah pasrah sama kondisi kek gini sampe akhirnya ngambil tindakan buat santai aja.

Yang bikin gue kaget bahkan mas aji baru tau minggu lalu..

Walaupun si creator ambil langkah slow nanggepin case kek gini, entah karena emang udah pasrah sama situasi Indo yang minim kesadaran tentang pentingnya visual dan hak cipta, atau emang si mas aji ini baik banget ya Tuhan,

Brand dapet omset BESAR, dan si designernya?

Tapi ga menutup fakta bahwa brand geprek”an ini melanggar term and c dari website freepik, yaitu larangan untuk menggunakan asset freepik sebagai design LOGO untuk sebuah BRAND ataupun ORAGNISASI PROFIT.

Beruntung brand geprek”an ini ga bakal kena sue karena creator nya “slow”

TAPI TETEP
SHAMEClapping hands signONClapping hands signYOUClapping hands sign UNTUK “DESIGNER” YANG NGEBIKIN LOGO UNTUK BRAND GEPREK”AN INI

Brand dan omset kalian udah besar banget, masa untuk logo, sesuatu hal yang krusial untuk brand aja kualitas nya begini ?

Maaf salty, tapi gue sebagai orang yang relate di bidang kek gini ngerasa kesel dan sedih aja, mau sampe kapan hal kek gini di normalisasi ?

Gue ga tau gimana caranya brand ini bakal tobat, karena ga bakal kena sue juga sama si creator aslinya.

Semoga selesai case brand geprek”an ini di persidangan bisa langsung rebranding dan beneran gunain cara profesional untuk bisnis besar mereka.

The point is,

-Brand geprek”an ini ga beli lisensi secara langsung ke creator utama

  • Brand geprek”an ini melanggar term and c website penyedia asset grafis “gratis”
  • Creator baru tau minggu lalu karya nya di pake oleh BRAND BESAR

Sebagai tribute untuk mas aji selaku pembuat illustrasi tersebut, gue mau narok link instagram dan freepik nya mas aji, siapa tau kalian butuh illustrasi untuk bisnis kalian, dan bisa pakai jasa mas aji.

Oleh: @morninglatte_

Leave a Reply