“New Normal” Pasca Ramadan

oleh : Ust Abdullah Haidir

Jangan hanya covid 19 yang menuntut kita untuk menerima adanya new normal dengan beragam gambaran kehidupan yang berubah dari masa-masa sebelumnya. Semestinya Ramadan pun membuat kita mampu menerima dan menjalani new normal, tentu saja dalam perspektif ajaran Islam.

Jika kita selama ini merasa berat tilawah Al-Quran setiap hari dengan jumlah bacaan tertentu, Ramadan mengajarkan kita bahwa hal tersebut mudah dilakukan. Jika kita selama ini merasa berat berpuasa, Ramadan mengajarkan kepada kita, bahwa jangankan beberapa hari, sebulan pun kita mampu melakukannya. Jika kita merasa berat qiyamullail, Ramadan berikan kita bukti, lebih dari 2 rakaat pun bisa kita jabanin. Jika kita selama ini berat berderma, Ramadan mengajarkan kita bahwa berderma dan berbagi itu sangat mengasyikkan. Jika selama ini berat meninggalkan praktek kemaksiatan, Ramadan mengajarkan kita bahwa meninggalkan kemaksiatan itu mudah, bahkan lebih menenangkan….

Inilah new normal yang kita harapkan pasca Ramadan… nilai-nilai Islam bukan lagi hanya asyik diperbincangkan tapi dia seharunya sudah menyatu menjadi pola hidup, lifestyle yang tak terpisahkan dalam kehidupan seorang muslim dan masyarakat muslim.

Merubah pola kehidupan menjadi lebih dekat dengan nilai dan ajaran Allah inilah sesungguhnya new normal yang kita harapkan.

Inilah koentji keberhasilan Ramadan kita….!!

Leave a Reply