Jangan Terlalu Paranoid Saat Terinfeksi Virus

Jakarta (11/7) – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNJ Dr. Ir. Fatah Nurdin, MM mengingatkan agar tidak terlalu paranoid atau panik saat terinfeksi virus seperti virus corona Covid-19.

“Kalau terinfeksi virus jangan terlalu paranoid atau ketakutan luar biasa. InsyaAllah sembuh asal sistem imun kita tidak terganggu. Sistem imun kita akan terganggu jika kita lemah,” kata Nurdin pada Sabtu (11/7/2020).

Ia memaparkan bahwa Allah SWT sudah menciptakan sistem imun yang luar biasa pada manusia. Sistem imun kita patroli 24 jam ke dalam tubuh kita. Mendeteksi ada tidak makhluk asing yang masuk ke dalam kita. Ada tidak virus Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh kita.

Setelah diketahui ada mahluk asing yang masuk, kata dia, maka yang berikutnya dia kasih informasi ke sistem imun yang lainnya.
Ada yang tugasnya membunuh virus atau dihalang-halangi supaya tidak merevitasi atau mencari sel baru. Sehingga dia tidak bisa hidup lagi. Kalaupun ternyata lewat juga, dihalangi masih bisa juga, maka dia akan hidup. Dia akan menginfeksi sel kita, dan sel kita bisa rusak.

“Kita jadi sakit. Nanti akan ada yang namanya sel NK atau natural killer. Tugasnya adalah membunuh sel kita yang sudah terinfeksi supaya hilang atau tidak sakit. Akan direkam oleh sel memori kita,” ujar dia.

“Itulah yang kira-kira yang dilakukan sistem imun kita terhadap mahluk asing termasuk Coronavirus yang masuk ke tubuh kita,” kata dia.

Leave a Reply