Jangan Grasa-grusu, Persiapkan Tiga Hal Ini Sebelum Resign

Ada kalanya pekerja atau karyawan yang udah lama kerja pengin memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign. Tidak hanya karena bosan atau jenih, mungkin juga ingin suasana kerja baru atau perubahan dalam hidup seperti peningkatan pendapatan atau pun status sosial.

Sebelum kamu memutuskan untuk resign, pikirkan matang-matang dan perhatikan hal berikut ini:

  1. Harus Ada Uang

Ini penting banget kamu persiapkan sebelum resign. Jaga-jaga agar setelah resign punya cadangan entah pada akhirnya kamu mau kerja di tempat lain atau memulai usaha.

Berapa jumlahnya? Relatif memang tapi setidaknya kamu bisa persiapkan untuk kehidupan enam bulan ke depan. Tergantung gaya hidup kamu juga sih.

  1. Rencana “what’s next” kamu apa?

Ya nggak mungkin keluar dari tempat kerja ujug-ujug begitu saja tanpa ada rencana setelahnya. Pikirkan setelahnya mau ngapain dan bagaimana cara kamu menempuhnya.

Mau wirausaha? Usaha apa? Mau kerja di tempat lain? Kerja apa dan di mana? Mau jadi content creator? Nichenya apa dan gimana?

Setidaknya pertanyaan-pertanyaan itu sudah ada jawabnya meski tak harus ada di ujung langit.

  1. Segalanya Ada Ilmu

Karena kamu sudah tahu what’s nextnya apa, kamu harus belajar, cari ilmu sebanyak mungkin soal hal-hal yang berkaitan dengan “what’s next” tadi.

Nggak lucu kan kamu keluar kerja tapi ilmu kamu masih begitu-begitu saja? Alamat malu sama kantor sebelumnya atau resign hanya sekadar wacana belaka.

Itu tiga hal contoh yang bisa kamu persiapkan sebelum resign. Kamu bisa menambahkan atau mana dari tiga hal itu yang sudah kamu persiapkan?

Ah iya, jangan lupa komunikasikan dengan orang terdekat kamu. Kalau kamu sudah punya istri, komunikasikan dengan istri kamu dengan baik. Sebab kamu hidup nggak sendiri. Kalau sendiri ya namanya jomblo.

Leave a Reply