3 Strategi Shopee yang Bikin Kamu Belanja Terus-terusan

Mengapa orang betah bahkan melakukan aktivitas belanja online berkali-kali di marketplace seperti Shopee?

Inilah strategi Shopee yang bikin kamu belanja terus-terusan seperti yang dipaparkan Septian Bramandita, pakar digital marketing. Siapa tahu bisa kamu contek di tokol (toko online) kamu.

1. Scarcity

Scarcityatau kelangkaan dalam ekonomi nggak sekadar langka. Nggak juga berarti terbatasnya jumlah suatu barang.

Dalam ekonomi scarcity atau kelangkaan berarti tidak didapatkan secara cuma-cuma. Suatu barang menjadi langka jika barang tersebut diinginkan dan berharga.Dan berharga berarti ada ongkos yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkannya. Terbatas dalam jumlah juga tidak benar-benar berarti jumlah yang sedikit.

Terbatas berarti nggak cukupi permintaan atau kebutuhan pada suatu waktu atau tempat. Meski sebenarnya jumlah barang tersebut banyak.

Kalau di Shopee, misalnya, ada tulisan “kuantitas: tersisa 10 buah”. Orang merasa mendesak pengin dapat dan khawatir kehabisan.

2. Social proof

Secara psikologis, orang emang cenderung mengikuti hal yang dilakukan orang lain, apalagi jika orang tersebut memiliki popularitas atau posisi tinggi dalam kehidupan (media) sosial. Perilaku tersebut juga sering tercermin ketika seseorang mempertimbangkan untuk membeli suatu barang.

Di zaman serba “E” alias elektronik, tidak sedikit orang memanfaatkan internet untuk mencari tahu pengalaman orang-orang yang sudah lebih dulu membeli produk tersebut.

Ya, penting banget ulasan. Makin banyak ulasan positif tentang produk, makin besar pula keinginan untuk membeli produk tersebut.

Dalam dunia pemasaran digital seperti Shopee, penggunaan testimoni dan ulasan  merupakan bentuk penggunaan social proof (bukti sosial).

3. Upsell

Ini adalah tindakan yang bisa mendorong costumer untuk melakukan pembelian terhadap produk/jasa yang bernilai lebih tinggi. 

Misalnya dengan berlangganan Paket A (senilai Rp. 300.000 tiap bulan), bisa mendapatkan produk unique yang senilai Rp. 500.000. Tapi kalau berlangganan Paket B (senilai Rp 350.000), bisa mendapatkan produk-produk senilai Rp. 600.000. Kedengaran sangat menggiur kan?

Hanya dengan selisih harga Rp. 50.000, dapat memperoleh keuntungan lebih besar. Inilah upselling.

Leave a Reply